Tinjauan pustaka obesitas pada anak

Contohnya, anak yang memiliki latar belakang dari keluarga minoritas dan kurang mampu akan memiliki risiko lebih besar mengalami obesitas. Epidemiolgi Obesitas Angka kejadian obesitas meningkat diseluruh dunia.

Pantangannya, roti, kentang, wortel, semangka dan nanas.

Iklan-iklan tersebut sangat menarik sehingga banyak memengaruhi perilaku maupun pola makan anak-anak. Bayi gemuk belum tentu sehat, bahkan dapat berakibat negatif dan membawa berbagai kesulitan seperti tingginya risiko kejang.

Bagaimanapun, depresi adalah masalah yang serius baik pada anak-anak maupun pada orang dewasa. Prevalensi obesitas diperkirakan akan terus meningkat, baik dinegara maju maupun dinegara berkembang.

Pengukuran IMT pada anak-anak dapat dilakukan pada rentang usia tahun. Perlu dilakukan upaya pencegahan dan penanggulangan faktor risiko obesitas pada anak-anak usia tahun, dengan menanamkan pendidikan kesehatan pada anak-anak sejak usia dini, melalui peningkatan komunikasi, informasi, dan edukasi, seperti gerakan anti-rokok, gerakan cinta serat sayur dan buahserta membudayakan aktivitas fisik.

Pubertas atau menarche dini: Overweight atau obesitas sejak usia belia cenderung lebih berat dan beresiko tinggi menjadi obesitas dimasa dewasa. Penurunan berat badan biasanya direkomendasikan untuk anak-anak berusia di atas 7 tahun atau untuk anak-anak dengan usia yang lebih muda yang memiliki masalah kesehatan.

Pada kasus-kasus seperti ini, pertambahan berat akan meningkatkan risiko terjadinya obesitas dan masalah kesehatan yang berhubungan dengan berat badan.

Biasanya berat badan langsung turun antara kilogram. Semakin lama seorang anak mengalami obesitas, maka semakin besar resiko terjadinya obesitas saat dewasa. Seseorang yang kegemukan sudah pasti kelebihan berat badan, tetapi orang yang kelebihan berat badan belum tentu kegemukan.

Hasil yang dicapai, dalam seminggu berat badan bisa berkurang hingga 1,5 kg. Diet Makrobiotik Diet ini menggunakan metode holistik modern, antara pengaturan makanan dan ritual meditasi atau olahraga yoga. Strategi ini menyebabkan anak-anak tetap menambah tinggi badan mereka tanpa harus menambah berat badan, sehingga indeks massa tubuh akan terus menurun seiring dengan bertambahnya waktu sampai pada kisaran normal.

Barry Sears dalam bukunya Enter the Zone.

TINJAUAN PUSTAKA KEGEMUKAN DAN OBESITAS PADA ANAK-ANAK

Jumlah sel lemak tidak dapat dikurangi, karena itu penurunan berat badan hanya dapat dilakukan dengan cara mengurangi jumlah lemak didalam setiap sel.

Karena itu, pencegahan overweigth dan obesitas dimasa anak amat penting. Obat-obatan Obat-obatan tertentu misalnya steroid dan beberapa antidepresi dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Untuk anak-anak di bawah usia 7 tahun yang tidak memiliki masalah kesehatan lainnya, tujuan penanganan ini adalah untuk menjaga berat badan bukan mengurangi berat badan. Ukuran yang digunakan untuk menentukan apakah seseorang menderita Overweight atau obesitas adalah berdasarkan berat badan dan tinggi badan, yaitu menggunakan suatu indeks berdasarkan berat badan dalam kilogram dibagi tinggi dalam meter pangkat dua, yang disebut indeks massa tubuh IMT.

Penanganan Anak-anak, tidak seperti orang dewasa, membutuhkan nutrisi dan kalori untuk perkembangan dan pertumbuhan mereka. Seperti pada para atlet yang berlatih dengan teratur akan menyebabkan masa otot yang tumbuh dengan baik akan memunyai berat badan rata-rata yang lebih dari sebayanya, namun tidak dapat disebut sebagai obesitas.

Sebenarnya kekecewaan tersebut tidak beralasan, jika anak menunjukkan perkembangan mental yang normal, artinya perkembangan motorik, bahasa, intelektual, emosional, dan sosial sesuai dengan umurnya, maka anak tersebut secara fisik, sosial maupun mental dapat dikategorikan sehat.

Pada tahap ini, pangan yang mengandung karbohidrat, seperti biji-bijian, beras tumbuk atau kacang-kacangan ditingkatkan porsinya. Selain itu penghitungan komposisinya terbilang rumit, dan tidak semua orang bisa.Obesitas yang terjadi pada masa remaja ini perlu mendapatkan perhatian, sebab obesitas yang timbul pada waktu anak dan remaja bila kemudian berlanjut hingga dewasa akan sulit di atasi.

Tinjauan Pustaka Kegemukan dan Obesitas pada Anak-anak Gracia JMT Winaktu Staf Pengajar Bagian Ilmu Gizi Fakultas kedokteran Universitas Kristen Krida Wacana Alamat Korespondensi: [email protected] Abstrak Kegemukan dan obesitas merupakan masalah gizi berlebih yang makin banyak dijumpai pada anakanak di seluruh dunia.

Diabetes Mellitus tipe-2 jarang ditemukan pada anak obesitas (Syarif, ).Prevalensi penurunan uji toleransi glukosa pada anak obesitas adalah 25% sedangkan Diabetes Mellitus tipe-2 hanya 4%.Hampir semua anak obesitas dengan Diabetes Mellitus tipe-2 mempunyai IMT > + 3SD atau > persentile ke 99 (Bluher et al, ).

menjadi obesitas pada anak perempuan yang berusia 4 sampai 5 dibandingkan dengan berat lahir lebih, namun tidak terdapat hubungan antara berat badan lahir.

12 2. Faktor-faktor Penyebab Terjadinya Obesitas Pada dasarnya obesitas terjadi karena energi yang didapat lewat makanan melebihi energi yang dikeluarkan anak. TINJAUAN PUSTAKA Definisi Obesitas Obesitas tidak sama dengan overweight. Obesitas merupakan keadaan patologis, yaitu terdapatnya penimbunan lemak yang berlebihan dari yang diperlukan untuk fungsi tubuh yang normal (Soetjiningsih, ).

WHO () secara sederhana mendefinisikan obesitas sebagai kondisi abnormal atas akumulasi lemak yang ekstrim pada jaringan adipose.

Inti dari obesitas.

Tinjauan pustaka obesitas pada anak
Rated 3/5 based on 17 review