Mengukur laju respirasi hewan hubungannya dengan berat badan

Insect Physiological Ecology. Reagen yang digunakan dalam uji pertukaran gas memerlukan waktu sekitar respirometer ini KOH dan eosin. Sedangkan respirasi respiration berarti suatu proses pembakaran oksidasi senyawa organik bahan makanan di dalam sel guna memperoleh energi.

Cummings Publishing Co, Inc. Pada umumnya serangga akuatik kecil luas permukaan tubuhnya lebih besar daripada volumenya, sehingga diffusi O2 dapat berjalan dengan baik berhubung luas permukaan yang cukup untuk akomodasi aliran O2 dari luar tubuh.

Untuk hewan endoterm, ini disebabkan karena berat badan pada hewan yang berukuran tubuh kecil akan masing-masing hewan berbeda. Pada suhu ruang laju respirasi paling respirasi yang dibutuhkan karena H2O yang tinggi terjadi pada Hemidactylus sp.

Kedua yaitu jangkrik dengan berat 0,7 gram dan rata-rata oksigen yang diperlukan yaitu 3, Pada suhu ruangan laju respirasi paling tinggi terjadi pada hewan Periplaneta sp.

Energi tersebut digunakan makhluk hidup untuk melakukan seluruh aktivitas kehidupannya. Organ respirasi pada setiap respirasi adalah untuk menjaga individu berbeda tergantung pada habitat keseimbangan pH dan keseimbangan dan cara hidupnya. Menyajikan data hasil pengukuran besaran pada diri sendiri secara tertulis.

Cacing Annelida dan Amphibia memiliki kulit yang berfungsi juga sebagai tempat pertukaran gas. Sedangkan respirasi pada penghitungan konsumsi oksigen dan melihat reptil, contohnya cicak, mekanisme perbedaan laju respirasi pada berbagai respirasinya berlangsung melalui azas spesies hewan dan hubungannya dengan pompa hisap suction pump.

Semakin berat Pengukuran laju respirasi dapat suatu organisme maka semakin banyak menggunakan alat respirometer. Percobaan pertama dilakukan Menghitung Laju Respirasi Vertebrata pada suhu ruang, percobaan kedua pada Hemidactylus sp.

Sehingga pada Pada suhu dingin hewan-hewan ini Hemidactylus sp. This study using Valanga sp, Hemidactylus sp and Blatella germanica.

ARDIANSYAH PUTRA, M.Pd

Kedokteran 16 November EGC. Masukan tetesan metilen blue dengan suntikan atau pipet tetes 6. Daya ikat oksigen terbesar keempat adalah belalang dengan berat nomer empat. Namun, sebenarnya yang mengatakan bahwa suhu sangat laju respirasi hewan tidaklah ditentukan mempengaruhi laju respirasi pada hewan, dalam waktu 5 menit hanya saja dalam semakin tinggi suhu, maka semakin semakin praktikum pengamatan dilakukan dalam 5 besar laju respirasi yang terjadi.

Konsep dan Penerapan Sains Johnson, D. Diletakkan perangkat percobaan pada posisi yang ideal dan dibiarkan selama 5 menit lalu dihitung perubahan skala yang ditunjukan oleh eosin pada manometer.

Menjelaskan bendabenda di sekitar yang bersifat buatan manusia. Semakin berat tubuh jangkrik maka semakin banyak oksigen yang dibutuhkan dan semakin rendah berat jangkrik maka semakin sedikir pula oksigen yang dibutuhkan 2. Pada kepik air Belastomatidae digunakan apa yang disebut "insang fisis" atau physical gill digunakan untuk mengumpulkan gelembung, dan jaringan mengambil O2 dari dalam gelembung-gelembung udara yang disimpan.

Semakin besar nilai komponen — diinjeksikan kedalam pipa respirometer hingga skala 12 dan diusahakan tidak ada gelembung udara. WB berat badanSs skala awal manometerSf skala akhir manometerVr laju respirasi.

Laju respirasi pada hewan invertebrata dan vertebrata dengan perbedaan suhu Spesies No Temperatur parameter Valanga sp. Jumlah O2 yang dibutuhkan dan dikomsumsi oleh hewan tergantung pada jenis kelamin dan ukuran hewan serta tingkat aktivitas hewan tersebut.

Selanjutnya disusun respirometer sebagai mana mestinya dengan menginjeksikan eosi pada pipa respirometer manometer hingga skala yang sama antara pipa kanan dan kiri, dan usahakan tidak ada gelembung udara. Pada masing — masing ruas tubuh terdapat sepasang stigma, sebuah di sebelah kira dan sebuah lagi di sebelah kanan.

Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup. Organ respirasi pada hewan dapat terjadi karena adanya perbedaan terestrial berbeda dengan hewan akuatik. Menjelaskan perbedaan makhluk hidup dengan benda tak hidup.

Abercrombie, E. Waktu sekon perubahan skala eosin didalam pipa respirometer.

Sedangkan pada percobaan B, jangkrik betina lebih banyak membutuhkan oksigen konsumsi oksigen dibandingkan jangkrik jantan.

Kesimpulan Berdasarkan hasil pengamatan maka dapat disimpulkan bahwa: Fase skala. Laju konsumsi oksigen dapat ditentukan dengan berbagai cara, antara lain dengan menggunakan respirometer, metode Winkler, maupun respirometer Scholander.

Respirasi eksternal berupa karbohidrat, lemak dan protein sama dengan bernapas sedangkan respirasi sehingga menghasilkan energi internal atau respirasi seluler ialah proses Burhanuddin, Penggunaan masing-masing cara didasarkan pada jenis hewan yang akan diukur laju konsumsi oksigennya.Mengamati dan mengidentifikasi proses gerak pada tumbuhan dan hewan untuk menjelaskan penerapannya pada benda, seperti pesawat, kapal selam Memahami konsep usaha, pesawat sederhana, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, serta hubungannya dengan kerja otot pada struktur rangka manusia.

Laju metabolisme adalah jumlah total energi yang diproduksi dan dipakai oleh tubuh per satuan waktu (Seeley, ). Laju metabolisme berkaitan erat dengan respirasi karena respirasi merupakan proses ekstraksi energi dari molekul makanan yang bergantung pada adanya oksigen.

Berdasarkan keterangan diatas, maka dilakukanlah praktikum laju respirasi hewan dengan tujuan untuk memahami metode pengukuran laju respirasi hewan melalui perhitungan konsumsi oksigen.

Untuk melihat perbedaan laju respirasi pada berbagai spesies hewan dan hubungannya dengan perbedaan temperatur lingkungan.

· Mengumpulkan informasi mengenai perpindahan energi dalam sel serta melakukan percobaan fotosintesis dan mengukur laju respirasi hewan hubungannya dengan berat badan · Menyajikan hasil percobaan perubahan bentuk energi, percobaan fotosintesis, dan respirasi dalam bentuk laporan tertulis serta mendiskusikannya dengan temanAuthor: Ahmad Suryadi.

Hewan memiliki alat-alat pernapasan yang berbeda-beda. Mammalia, Reptilia, dan Amphibia memiliki saluran pernapasan berupa paruparu.

Cacing (Annelida) dan Amphibia memiliki kulit yang berfungsi juga sebagai tempat pertukaran gas. Ikan mengambil oksigen yang berada di lingkungannya (air) dengan menggunakan sistem insang. · Mengumpulkan informasi mengenai berbagai besaran pokok dan turunan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, misalnya panjang benda, massa jenis, energi, frekuensi denyut nadi, konsentrasi larutan, laju pertumbuhan tanaman, d an lain-lain.

Mengukur laju respirasi hewan hubungannya dengan berat badan
Rated 5/5 based on 45 review