Hubungan lama pemakaian kb suntik dengan peningkatan berat badan

Yayasan Bina Pustaka.

HUBUNGAN LAMA PENGGUNAAN KB SUNTIK DMPA DENGAN PENINGKATAN

Kontrasepsi suntik intramuseular ke dalam tubuh wanita secara KB merupakan jenis kontrasepsi hormonal periodik setiap 3 bulan sekali, dengan yang bahan bakunya mengandung preparat keuntungan sangat efektif dengan angka estrogen dan progesteron Everett, Namun tidak di dapatkan perbedaan berat badan yang signifikan antara berat badan awal dengan berat badan pertama kali suntik dan berat badan awal dengan kedua kali suntik.

SiT, M. Akseptor KB merupakan pasangan usia subur karena mempunyai kesempatan lebih banyak untuk reproduksi Hartanto, Tampaknya terjadi karena terasa nyaman, sehingga mereka bertambahnya lemak tubuh, dan bukan tidak merasa kesulitan dalam ber karena retensi cairan tubuh.

EGC Notoatmodjo, S. Efek Samping 1 Gangguan haid, ini yang paling sering terjadi dan yang paling mengganggu.

HUBUNGAN PENGGUNAAN KB SUNTIK DMPA DENGAN PERUBAHAN BERAT

Square diperoleh X2 hitung Kes Dewan Redaksi Editorial Board: Manfaat Penelitian 1. Dari pendapat Hartanto, di atas dapat disimpulkan bahwa Akseptor suntik KB baik dgunakan untuk pasangan usia subur yang mempunyai kesemptan lebih banyak untuk reproduksi dalam mendapatkan kelahiran yang diinginkan dengan cara suntikan kombinasi DMPA dan NENTEN yang diberikan.

Cara ini mulai 7 disukai masyarakat kita karena 2. Salemba Medika Prawiroharjo, Sarwono. Akseptor atau peserta KB baru, yaitu Pasangan Usia Subur yang pertama kali menggunakan kontrasepsi setelah mengalami kehamilan yang berakhir dengan keguguran atau persalinan. Pustaka Sinar Harapan Maryani, S.

Alasan responden lebih suka para ahli DMPA merangsang pusat menggunakan kontrasepsi KB pengendali nafsu makan di hipotalamus, suntik itu diantaranya karena tidak yang menyebabkan akseptor makan merasa kesulitan dalam hal biaya, lebih banyak dari biasanya Hartanto, karena kontrasepsi suntik KB 3 Jenis penelitian adalah analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional.

Yohima Press Arikunto, Suharsimi. Redaksi berhak mengubah tulisan tanpa mengubah maksud atau substansi dari naskah yang dikirimkan. Mochtar, R. Landasan Teori 1.

Latar Belakang Memasuki awal tahun pertama pembangunan jangka panjang tahap II. At the first survey toward 10 acceptors, 6 people used DMPA family planning for 3 years and their weight increased 3 — 5 kg in the second and third year.

Akseptor atau peserta KB lama, yaitu peserta yang masih menggunakan kontrasepsi tanpa diselingi kehamilan. Pertambahan berat badan disebabkan oleh retensi cairan, bertambahnya lemak pada tubuh, dan meningkatkan selera makan Hartanto, Jenis Penelitian ini adalah analitik observasional dengan rancangan penelitian cross sectional yaitu dengan pengambilan data yang hanya di lakukan satu kali.

Data diolah secara univariat dan Berdasarkan Tabel 4. Pembangunan Gerakan Keluarga Berencana Nasional ditujukan terutama untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Di antara negara ASEAN, Indonesia dengan luas wilayah terbesar tetap menjadi negara dengan penduduk terbanyak, jauh diatas 9 negara anggota lain. HASIL pengurangan porsi makan dalam keseharian Hasil penelitian dapat dilihat pada tabel masih saja terjadi kenaikan berat badan dan berikut: Kelemahan dari kontrasepsi adalah terganggunya pola haid diantaranya adalah amenorhoe, menoragia dan muncul bercak spottingterlambatnya kembali kesuburan setelah penghentian pemakaian, pertambahan berat badan 1,5 - 2 kg dan berat badan pada kunjungan pertama.

Pencapaian peserta KB aktif semua metode kontrasepsi pada bulan Desember di Jawa Timur sebanyak 5. Nuha Medika Saifuddin, Abdul Bari. Pelayanan Keluraga Berencana. Hubungan Lama Penggunaan KB Akseptor Keluarag Berenca yang diikuti oleh pasangan usia subur di bagi menjadi 3 macam: Hal ini juga para ahli DMPA merangsang pusat semakin memperkuat bahwa KB pengendali nafsu makan di hipotalamus, DMPA bukan faktor yang signifikan yang menyebabkan akseptor makan menyebabkan kenaikan berat badan.

Dari 57 responden hypothalamus, yang menyebabkan akseptor yang diamati 31 mengalami perubahan makan lebih daripada biasanya. Dari keseluruhan data yang telah dipaparkan di atas, untuk memperkecil resiko pemakaian kontrasepsi terhadap peningkatan berat badan perlu diadakannya penyuluhan yang menyeluruh kepada seluruh akseptor KB baik yang terkait dengan kesehatan alat reproduksi, kesehatan ibu dan anak dan pola hidup sehat.

Wahid Hasyim 89 Kudus Telp.Didapatkan juga paritas dengan berat badan paling besar adalah paritas 3 anak sedangkan yang paling kecil adalah paritas 1 anak.

Hasil penelitian ini didapatkan hubungan yang signifikan antara penggunaan KB suntik DMPA dengan peningkatan berat badan. Terdapat kecenderungan peningkatan berat badan pada suntikan pertama dan kedua, sedangkan setelah suntikan ketiga dan keempat mengalami.

Lama Penggunaan hasil bahwa responden yang lama Berdasarkan hasil penelitian penggunaan KB Suntik ≤ 1 Tahun bahwa sebagian besar responden dengan peningkatan berat badan ≤ 2 Kg lama menggunakan KB Suntik sebanyak 9 orang (19,6%) dan DMPA > 1 tahun sebanyak 37 orang responden dengan peningkatan berat (80,4%) dan yang ≤ 1 tahun badan > 2 Kg tidak ada.

Mengetahui hubungan pemakaian kontrasepsi dengan peningkatan berat badan di BPS Suyatun Desa Tegalyasan Kecamatan Sempu Kabupaten Banyuwangi. 2. Tujuan Khusus. a.

Mengidentifikasi ibu yang memakai kontrasepsi hormonal di BPS Suyatun Desa Tegalyasan Kecamatan Sempu Author: Bejo Net Community. Studi pendahuluan di puskesmas Kota Gede II, akseptor KB suntik di Puskesmas Kota Gede II menduduki peringkat terbanyak (65,3 %).

Sedangkan efek samping yang sering dikeluhkan akseptor KB suntik adalah penambahan berat badan. Untuk kontrasepsi hormonal suntik paling banyak menimbulkan peningkatan berat badan, hal ini dibuktikan dengan perolehan dari 37 atau 86% responden yang menggunakan kontrasepsi suntik mengalami peningkatan berat badan dari jumlah pemakai kontrasepsi hormonal suntik Author: Aangcoy HUBUNGAN LAMA PEMAKAIAN DMPA DENGAN PENINGKATAN BERAT BADAN AKSEPTOR SUNTIK DI BPS SUHANDRIYAH KEDON SUMBERMULYO BANTUL KARYA TULIS ILMIAH Diajukan sebagai salah satu.

Hubungan lama pemakaian kb suntik dengan peningkatan berat badan
Rated 0/5 based on 31 review